jurnal-3dSEKOLAH TINGGI FILSAFAT ISLAM SADRA

JOURNAL KANZ PHILOSOPHIA

PROSEDUR PENULISAN

Kanz Philosophia adalah jurnal akademik yang diterbitkan oleh Sadra International Institute- Sekolah Tinggi Filsafat Islam Sadra di Jakarta. Jurnal ini bertujuan untuk memberikan pandangan ilmiah melalui artikek yang kritis dan informatif, khususnya dibidang Filsafat Islam dan Tasawuf. Isu tersebut berkembang baik dari wacana klasik dan kontemporer dalam tradisi yang beragam, baik Timur, Barat dengan harapan dapat memberikan kontribusi berupa kajian teoritis, metodologis, dan praktis di bidang tersebut. Kanz Philosophia mencakup beberapa isu atau topik:

  • Filsafat Murni (Epistemologi and Ontologi);
  • Filsafat Perkembangan yang mencakup:
  • Filsafat Manusia;
  • Filsafat Bahasa;
  • Filsafat Agama;
  • Filsafat Moral;
  • Filsafat Sejarah;
  • Filsafat Budaya;
  • Filsafat Seni (Estetika);
  • Filsafat Politik;
  • Filsafat Sosiologi;
  • Filsafat Pendidikan;
  • Filsafat Ilmu;
  • Filsafat Psikologi;
  • Sufisme Teoritis dan Praktis.

Petunjuk Penulisan Artikel

Jurnal Kanz Philosophia terbit dua kali setahun. Kontributor mengirimkan naskah dengan memperhatikan beberapa petujuk di bawah :

  1. Naskah merupakan karya ilmiah orisinil yang belum pernah dipublikasikan dan tidak memuat unsur plagiat.
  2. Naskah yang dikirimkan dapat berupa konseptual, resume hasil penelitian, resume buku atau pemikiran tokoh, bagian dari tesis disertasi yang telah mengalami penyesuaian untuk standar juranl. Artikel di tulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris sebanyak 15-25 halaman termasuk refrensi, daftar pustaka dan tabel (jika ada). Artikel ditulis dalam kertas A4 dengan ukuran atas 4 cm, bawah dan sis kanan 3 cm dengan menggunakan tipe Times New Roman ukuran 12, 1,5 spasi.
  3. Naskah memiliki abstrak dalam bahasa Indonesia atau Inggris sebanyak 200 kata dan  kata kata kunci 3-5 kata menggunakan times new roman 12 ukuran 10 dan spasi tunggal.
  4. Naskah Review buku ditulis antara 800-1000 kata.
  5. Naskah meliputi : Judul, Nama lengkap penulis, Instansi penulis, Email, Abstrak (dalam bahasa Indonesia dan Inggris), Kata kunci, Pendahuluan, Pembahasan, Penutup, dan Daftar Rujukan, serta biografi singkat penulis (termasuk alamat korespondensi).
  6. PENDAHULUAN terdiri dari latar belakang masalah; hipotesis (jika ada); tujuan penelitian; dan biasanya bagian ini hanya berkisar 3-4 paragraf atau 2 halaman. Bagian ini juga mencakup beberapa literatur yang menjadi landasan teoritis studi sebelumnya.
  7. Bagian KESIMPULAN diharapkan mencakup rekomendasi dan saran yang ditulis dalam satu paragraf penuh yang tidak terpisah.
  8. Referensi yang digunakan merupakan referensi utama, relevan dan literatur review tidak terlalu luas. Tidak mengutip dari orang lain.
  9. Catatan-catatan berupa referensi ditulis secara lengkap sebagai catatan kaki yang  diurut secara alfabetis.
  10. Kata atau istilah yang belum diubah menjadi kata Indonesia diketik dengan huruf italik/cetak miring (bila naskah dalam bahasa Indonesia).
  11. Naskah diserahkan dalam bentuk hardcopy atau softcopy paling lambat 2 (dua) bulan sebelum penerbitan ke alamat redaksi atau dikirim ke email journalkanz@sadra.or.id
  12. Kepastian pemuatan atau penilakan artikel akan akan diberitahukan kepada penulis melalui surat atau email.
  13. Penulis yang artikelnya dimuat akan menerima 2 exemplar jurnal beserta cetak lepas.
  14. Literatur yang dicantumkan dalam Daftar Pustaka hanya literatur yang menjadi rujukan dan dikutip dalam karya ilmiah; Daftar Pustaka ditulis/diketik satu spasi, berurutan secara alfabetis tanpa nomor.
  15. Journal Kanz mengikuti  Chicago Manual of Style (15th ed. or later) untuk kutipan dan petunjuk gaya penulisan (gaya selingkung), seperti contoh berikut :

Contoh Catatan Kaki

Kusman, ed., Integrasi Keilmuan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Menuju Universitas Riset (Jakarta: PPJM dan UIN Jakarta Press, 2006), 33-42.

Franz Rozenthal, Knowledge Triumphant: the Concept of Knowledge in Medieval Islam (Leiden: E. J. Brill, 1970), 46-60.

M. Quraish Shihab, Membumikan Al-Quran, cet. xx (Bandung: Mizan, 1999), 62.

Ismail Raji al-Faruqi dan David E. Sopher, ed., Historical Atlas of The Religions of the World (New York dan London: Macmillan Publising Co., Inc. dan Collier Macmillan Publishers, 1974), 5-10.

Ikhwān al-Safā’, Rasā’il Ikhwān al-Safā’ wa-Khullān al-Wafā’, jil. 4 (Qum: Maktab al-A’lam al-Islami, 1450 H) 83.

Stephen Hawking, “There is no Heaven: It’s A Fairy Story,” The Guardian, Senin: 18 Mei 2011, http://www.guardian.co.uk/science/2011/may/15/stephen-hawking-interview-there-is-no-heaven (diakses, Rabu, 18 Mei 2011).

Seyyed Hossein Nasr dan Katherine O’Brien, ed., “In Quest of the Sacred: the Modern World in the Light of Tradition,” di dalam The Fundamental Nature of the Conflict Between Modern and Traditional Man (Oakton: The Foundation for Traditional Studies, 1994), 91.

Abraham H. Maslow, Psychology of Science (E-Book: 1966), 61.

Sebastian Gunther, “Be Masters in That You Teach and Continue to Learn: Medieval Muslim Tinkers on Educational Theory,” Comparative Education Review, Vol. 50, No. 3 (Agustus, 2006), 367, http://www.jstror.org/ page/info/about/policies/terms.jsp (diakses, 18 Juni 2012).

Rene Guenon, “Sacred and Profane Science,” the World Wisdom online Library, www.worldwisdom.com/public/library/ default.aspx (diakses 31 Desember 2010), 34.

Alamat Redaksi :

JURNAL KANZ PHILOSOPHIA

Jl. Lebak Bulus II No. 2 Cilandak Barat, Jaksel 12430.

Tlp. 021- 29446460

Fax : 021- 29235438

Email : journalkanz@sadra.or.id

Website: sadrajournalkanz.ac.id

  • CATEGORY