30 Hari Bisa Baca Kitab Gundul Bersama Dr. Mukmin

Sadranews-Dalam rangka meningkatkan skil bahasa Arab mahasiswa, STAI Sadra melalui Departemen Bahasa Arab STAI Sadra menggelar kuliah bahasa Arab dengan tema “30 Hari Bisa Baca Kitab Gundul” bersama seorang pakar bahasa Arab, Dr. Abdul Mukmin, M.Pd.I.

Kegiatan yang dimulai pukul 10.00 WIB tersebut dan diikuti oleh mahasiswa/i STAI Sadra bertujuan untuk membekali dan meningkatkan kemampuan bahasa Arab para mahasiswa, sebagaimana yang disampaikan oleh Dr. Hasyim Adnani  selaku PK.III Bidang Kemahasiswaan. Dr. Abdul Mukmin kata Dr. Hasyim adalah seorang penemu metode cepat dalam membaca kitab bahasa Arab gundul (tanpa harakat). Beliau telah melakukan uji coba metode ini di berbagai tempat walaupun sebagiannya melalui online.

“Penguasaan bahasa Arab dengan baik dan mampu membaca kitab Bahasa Arab Gundul (tanpa harakat) sangat penting, khususnya bagi para mahasiswa/i yang hendak menulis skripsi atau tesis. Dengan kemampuan ini, mereka bisa langsung mengakses kitab-kitab sumber dan aslinya, sehingga bukan sekedar jiplakan dari terjemahan,” tandasnya di Ruang Seminar STAI Sadra, Selasa (27/12/2022) pagi.

Di tempat lain, membaca Kitab Arab Gundul dipelajari dengan memakan waktu lama tapi Dr. Mukmin dengan penemuan metodenya dapat membuat bahasa Arab dan membaca Kitab Arab Gundul dikuasai dengan cepat. Dr. Mukmin mengatakan, dengan niat sungguh-sungguh dan memahami kunci-kuncinya, orang bisa cepat baca kitab.

“Untuk bisa baca kitab, tidak mudah, butuh waktu bertahun-tahun. Setelah saya kaji ternyata sebenarnya bila kita tahu kunci-kuncinya tidak sulit dan tidak terlalu lama untuk bisa baca kitab. Dalam teori baca kitab yang saya temukan hanya diperlukan 30 kali pertemuan dalam waktu satu hari dua jam,” pungkasnya.

PROGRAM STUDI

PRODI FILSAFAT

menghasilkan sarjana filosof muda yang memiliki pemahaman luas dan keahlian di bidang filsafat Islam, serta mampu memberikan kontribusi terhadap berbagai persoalan pemikiran Filsafat dan Islam pada masyarakat, baik di tingkat nasional maupun internasional

ALQURAN DAN TAFSIR

menghasilkan para sarjana yang memiliki keahlian dalam bidang Ilmu Al-Quran dan Tafsir, mampu melakukan penelitian fenomena sosial dan keagamaan dan mencari alternatif pemecahanan masalahnya berbasiskan pada Ilmu Al- Quran dan Tafsir.

Jalan. Lebak bulus II no.2 Cilandak Barat, Jakarta Selatan 12430. Call: 021-29446460 Fax: 021-29235438 info@sadra.ac.id

About us

Sekolah Tinggi Filsafat Islam di Indonesia yang fokus pada pengkajian filsafat Islam & Ilmu Alqur’an – Tafsir. Sistem pembelajaran di dasarkan pada perpaduan antara nilai-nilai tekstual (alqur’an & Assunah) dengan pendekatan rasional yang bersumber dari khazanah ilmiah Islam klasik & kontemporer.

diggi.id
STAI SADRA
diggi.id
TUTUP