Book Launching dan Studium General Penerbit Mizan; Para Dosen STFI Sadra Jadi Pembicara

sufismSTFI Sadra. Para Dosen STFI Sadra yakni Dr. Haidar Bagir dan Dr. Abdul Aziz Abbasi menjadi pembicara dalam acara peluncuran buku “Sufism in the Modern World”, Jumat 26/02 yang digelar di gedung PBNU lt VIII. Dalam seminar ini Dr. Haidar mengetengahkan bahwa sufisme menjadikan cinta sebagai pusat perhatian untuk mencapai pengenalan terhadap realitas absolut yakni Allah SWT. Munculnya sikap ekstrim dan radikal dalam beragama adalah karena dijadikannya aspek sufisme ini sebagai aspek minor dalam isu-isu agama. .

Sementara itu, Dr. Abbasi dalam kesempatan ini menyajikan Makalah yang berjudul “Tasawuf Nusantara and the principle of wahdatul wujud”. Dalam makalah ini beliau mendeskripsikan perkembangan Tasawuf di Nusantara dan beberapa doktrin yang berkembang di dalamnya seperti konsep Manunggaling Kawulo Gusti yang merupakan padanan bahasa dari keyakinan Wihdatul Wujud. Beliau juga menjabarkan tokoh-tokoh yang merupakan bagian dari geneologi tradisi tasawuf di Nusantara seperti Hamzah Al Fansuri, Syekh Abdurauf Sinkili dan Nuruddin Ar-Raniri.

Bedah buku dan diskusi tentang perkembangan sufisme dunia ini hasil kerja sama antara Penerbit Mizan bekerjasama dengan Lembaga Ta’lif wan Nasyr (LTNNU) dan Lembaga Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama (LPTNU). Agenda ini juga dalam rangka Studium Generale Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama (STAINU Jakarta) dan Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Indonesia. Dr. Haidar adalah salah satu tokoh yang pernah mendapat penghargaan The Most 500 Most Influential Muslims in The World tahun 2015.

PROGRAM STUDI

PRODI FILSAFAT

menghasilkan sarjana filosof muda yang memiliki pemahaman luas dan keahlian di bidang filsafat Islam, serta mampu memberikan kontribusi terhadap berbagai persoalan pemikiran Filsafat dan Islam pada masyarakat, baik di tingkat nasional maupun internasional

ALQURAN DAN TAFSIR

menghasilkan para sarjana yang memiliki keahlian dalam bidang Ilmu Al-Quran dan Tafsir, mampu melakukan penelitian fenomena sosial dan keagamaan dan mencari alternatif pemecahanan masalahnya berbasiskan pada Ilmu Al- Quran dan Tafsir.

Jalan. Lebak bulus II no.2 Cilandak Barat, Jakarta Selatan 12430. Call: 021-29446460 Fax: 021-29235438 info@sadra.ac.id

About us

Sekolah Tinggi Filsafat Islam di Indonesia yang fokus pada pengkajian filsafat Islam & Ilmu Alqur’an – Tafsir. Sistem pembelajaran di dasarkan pada perpaduan antara nilai-nilai tekstual (alqur’an & Assunah) dengan pendekatan rasional yang bersumber dari khazanah ilmiah Islam klasik & kontemporer.

diggi.id
STAI SADRA
diggi.id
TUTUP