DEPARTEMENT RISET STFI SADRA, ICAS JAKARTA DAN UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA TANDATANGANI MOU

DSC04364Untuk menjalin hubungan yang baik dengan perguruan tinggi lainnya, Departement Riset STFI Sadra bekerjasamadengan the Islamic College for Advance Studies (ICAS) Jakarta dan Fakultas Ushuluddin UIN Syarif Hidayatullah Jakarta  menggelar pertemuan pada hari Kamis 24 April 2014  di ruang pertemuan fakultas Ushuludin UIN Syarif Hidaytullah Jakarta. Hadir pada saat tersebut Dekan Fakultas Ushuluddin UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Dr. Masri Mansoer, M.Ag, para dosen dan staff.  Dalam sambutannya Dr. Masri Mansoer, M.Ag menegaskan bahwa  kerjasama ini berkaitan dengan pengembangan ilmu-ilmu keislaman, oleh karena itu  Departement Riset STFI Sadra dan ICAS Jakarta perlu  memberi  akses  seluas-luasnya kepada civitas akademika UIN Syarif Hidayatullah   untuk melakukan penelitian beserta aktivitas akademis lainnya di kedua lembaga tersebut serta begitu pula Sebaliknya. Dalam bidang pengajaran mungkin kita juga melakukan pertukaran dosen  serta dalam bentuk penelitian-penelitian bersama, studing banding dan kunjungan-kunjungan ke pusat-pusat studi yang merupakan jaringan lembaga keislaman bersama.

DSC04381Menanggapi sambutan Dr. Masri Mansoer, M.Ag, Prof. Dr. Sayyid Mofid Hoseini Kauhsari selaku perwakilan Department Riset STFI Sadra dan  sebagai Direktur ICAS Jakarta berterimakasih kepada bapak zainul kamal selaku Dekan yang lama dan memberikan ucapan selamat kepada Dr. Masri Mansoer, M.Ag selaku dekan yang baru dan  menghimbau  semoga dengan adanya pertemuan ini kedua belah pihak dapat meningkatkan hubungan dalam bidang pendidikan ilmu pengetahuan lebih dekat dan lebih erat lagi. Prof. Dr. Sayyid Mofid Hoseini Kauhsari menabahkan bahwa Jika kita melihat keadaan umat islam pada saat ini kita lihat betapa banyaknya bahwasanya banyak orang-orang  yang akan dan telah melaksanakan serangan kepada islam baik secara politik dan sebagainya tapi namun disisi lain para ulama dari kalangan islam mengatakan bahwa islamlah satu-satunya jalan keluar dari problematika kemanusiaan pada saat ini. Oleh karena itu berkumpulnya kita saat ini merupakan wujud persatuan dan keterikatan satu sama lain dalam  meningkatkan kualitas pendidikan dan keislaman.

Sebelumnya lembaga ICAS dan UIN Syarif Hidayatullah sudah pernah menandatangani nota kesepahaman pada tahun  2006 dan kedua lembaga ini berharap semoga kedepan kerjasama kali ini lebih bisa direalisasikan, lebih implementatif, lebih rill dan lebih dapat di kerjakan secara bersama-sama begitu juga dalam bidang filsafat dan ilmu-ilmu keislaman  terutama bidang filsafat  yang meruapakakn suatu sumber ilmu pengetahuan dalam ilmu keislaman dan tidak ada jalan lain untuk mengembangkan kajian keislaman kecuali kita harus kembali kepada  filsafat dan logika. Sebagai mana kita ketahui filsafat berhenti pada ibnu rusyd, kalam berhenti pada al ghazali dan irfan berhenti pada ibnu arabi, sekarang ini menjadi tugas kitalah untuk mengembangkan kajian-kajian filsafat dan tradisi kajian keislaman. Kita semua tahu tiga ratus sebelumnya para ulama kita telah memformulasikan ilmu-ilmu keislaman, kenyataan ini jgnlah hanya menjadi sejarah saja oleh karena itu dengan adanya mou ini kita berupaya menindaklanjuti dan mengembangan tradisi keislaman yang sempat mengalami kemajuan. Dalam kesempatan ini juga Prof. Dr. Sayyid Mofid Hoseini Kauhasri juga menginformasikan bahwa beliau  disini  juga pada dasarnya mewakili Al Mustafa International University  yang memiliki kurang lebih 25 ribu mahasiswa dari berbagai negara (101 Negara) dan 60 perwakilan di seluruh duniaDSC04391

Kedua belah pihak sangat bangga dengan adanya MOU ini dan berkomitment  akan melaksanakan dan mengimplementasikan point-point dalam MOU yang disepakati. Kedua belah pihak menyadari bahwa sering kali melakukan kerjasama hanya diatas kertas dan menyatakan bahwa sudah saatnya untuk  mendorong adanya implementasi nilai-nilai MOU ini dalam tindakan yang lebih aplikatif.  Kedua belah pihak juga menegaskan kesiapan dalam bekerjsama demi terwjudnya cita-cita  kedua belah pihak.

PROGRAM STUDI

PRODI FILSAFAT

menghasilkan sarjana filosof muda yang memiliki pemahaman luas dan keahlian di bidang filsafat Islam, serta mampu memberikan kontribusi terhadap berbagai persoalan pemikiran Filsafat dan Islam pada masyarakat, baik di tingkat nasional maupun internasional

ALQURAN DAN TAFSIR

menghasilkan para sarjana yang memiliki keahlian dalam bidang Ilmu Al-Quran dan Tafsir, mampu melakukan penelitian fenomena sosial dan keagamaan dan mencari alternatif pemecahanan masalahnya berbasiskan pada Ilmu Al- Quran dan Tafsir.

Jalan. Lebak bulus II no.2 Cilandak Barat, Jakarta Selatan 12430. Call: 021-29446460 Fax: 021-29235438 info@sadra.ac.id

About us

Sekolah Tinggi Filsafat Islam di Indonesia yang fokus pada pengkajian filsafat Islam & Ilmu Alqur‚Äôan ‚Äď Tafsir. Sistem pembelajaran di dasarkan pada perpaduan antara nilai-nilai tekstual (alqur‚Äôan & Assunah) dengan pendekatan rasional yang bersumber dari khazanah ilmiah Islam klasik & kontemporer.

STAI SADRA
TUTUP