Dr. Kholid Al Walid: Karya Filsafat Yang Ditulis Ibu Negara

Sadranews- Ketua STAI Sadra Jakarta, Dr. kholid Al Walid selaku narasumber acara bedah buku “Teori Pendidikan Islam: Tinjauan Qur’ani dan Filosofis” dalam presentasinya menyampaikan bahwa penulis menggunakan pendekatan al Quran dan filsafat Hikmah Muta`aliyah seperti prinsip tauhid, konsep manusia, hakikat pengetahuan dan pencapaian pengetahuan. Kemudian dua pendekatan ini dielaborasi sehingga melahirkan teori baru dalam pendidikan menggunakan dasar epistemologis. Hasil elaborasi ini menjadi landasan untuk mengkritisi dasar-dasar pemikiran yang berkembang dan digunakan dalam teori pendidikan saat ini yaitu reduksionisme, objektivisme, subjektivisme dan humanisme.

“ketika kita mendidik manusia adalah manusia sebagai kreasi Tuhan yang paling sempurna. Pendidikan tidak hanya mengajarkan kecerdasan dan keahlian, tetapi juga mengantarkan manusia kepada kesempurnaan dan dalam puncak kesempurnaannya disebut sebagai insan kamil,” ungkap Dr. Kholid di hadapan para dosen dan civitas akademik di Gedung IASTH, Aula Lt.5 Kampus UI Salemba Jakarta pada Rabu (6/12/2023).

Acara yang dibuka pukul 14.00 WIB tersebut digelar secara hybrid oleh Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia (SKSG UI) berkolaborasi dengan Sadra International Institute (SII) dan STAI Sadra Jakarta.

Buku yang dibedah dalam acara ini adalah karya Dr. Jamileh Alamolhoda (Ibu Negara Republik Islam Iran) yang membahas tentang teori pendidikan yang menekankan pada penjelasan umum filsafat dan filsafat pendidikan tentang manusia, alam, pengetahuan, dan nilai. Selain itu, buku tersebut juga menjelaskan tentang esensi, tujuan, prinsip, dan metode pendidikan.

 

 

 

PROGRAM STUDI

PRODI FILSAFAT

menghasilkan sarjana filosof muda yang memiliki pemahaman luas dan keahlian di bidang filsafat Islam, serta mampu memberikan kontribusi terhadap berbagai persoalan pemikiran Filsafat dan Islam pada masyarakat, baik di tingkat nasional maupun internasional

ALQURAN DAN TAFSIR

menghasilkan para sarjana yang memiliki keahlian dalam bidang Ilmu Al-Quran dan Tafsir, mampu melakukan penelitian fenomena sosial dan keagamaan dan mencari alternatif pemecahanan masalahnya berbasiskan pada Ilmu Al- Quran dan Tafsir.

Jalan. Lebak bulus II no.2 Cilandak Barat, Jakarta Selatan 12430. Call: 021-29446460 Fax: 021-29235438 info@sadra.ac.id

About us

Sekolah Tinggi Filsafat Islam di Indonesia yang fokus pada pengkajian filsafat Islam & Ilmu Alqur’an – Tafsir. Sistem pembelajaran di dasarkan pada perpaduan antara nilai-nilai tekstual (alqur’an & Assunah) dengan pendekatan rasional yang bersumber dari khazanah ilmiah Islam klasik & kontemporer.

diggi.id
STAI SADRA
diggi.id
TUTUP