KELAS AKHLAQ (ETIKA)

Kelas Akhlaq (Etika) pada tanggal 26 september 2014 telah memasuki minggu keempat. Kelas Akhlaq yang terselenggara di Auditorium Al-Mustafa ini di ikuti oleh seluruh Mahasiswa STFI Sadra. Antusiasme Mahasiswa begitu tampak dengan bertambahnya peserta dalam kelas ini. Pembicara utama kelas ini adalah Prof. Dr. Sayyed Mofid Hoseini Kouhsari yang di dampingi oleh Bapak Hasyim Adnan, MA sebagai penerjemah beliau.

 

Topik yang diangkat adalah “Makna Malam”. Mengawali pembicaraannya Prof. Dr. Sayyed Mofid Hoseini Kouhsari mengucapkan selamat atas tibanya bulan Dzul Hijjah yang mana bulan ini mengandung banyak peristiwa-peristiwa bersejarah. Dalam bulan ini muslimin menunaikan ibadah Haji, melakukan wukuf di arofah dan puncaknya menyembelih hewan Qurban pada hari kesepuluh. Sebagaimana dalam surat Al-Fajr Allah SWT bersumpah demi Fajar dan demi Malam-malam Sepuluh.

 

Malam memiliki keutamaan karena taqdir manusia ditentukan diwaktu malam dan malam adalah waktu yang paling baik untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Bahkan Allah SWT dalam Al-Quran menekankan untuk bangun di separuh malam dan melakukan sholat tahajjud serta sholat malam agar mencapai tujuan “Maqom Mahmud” disisi Allah SWT.

 

Allamah Thobathobai penulis buku Tafsir Al-Mizan mengatakan, rumus keberhasilan seseorang dalam menggapai kenikmatan dunia dan akhirat adalah melakukan Sholat malam. Sangat disayangkan jika muslimin menganggap waktu malam adalah waktu istirahat, jangan sia-siakan waktu malam anda. Manfaatkan waktu malam anda semaksimal mungkin. Ujar Direktur Hikmat Al-Mustafa kepada mahsiswa STFI Sadra.

 

Peristiwa penting yang dialami para Anbiya’ terjadi pada waktu malam. Contoh, kejadian peristiwa Isro’ dan Mi’roj Nabi Muhammad SAW terjadi pada waktu malam. Tatkala Nabi Muhammad SAW menerima wahyu pertama juga pada waktu malam dan lain sebagainya.

 

Dalam surat Al-Muzammil Allah memerintahkan kepada Nabinya untuk bangun dan melakukan sholat malam serta membaca Al-Quran pada waktu malam.

 

Al-Quran yang kita baca akan menjadi saksi kelak dihari kiamat, maka banyak-banyaklah membaca Al-Quran khususnya pada waktu malam. Pesan Prof. Dr. Hoseini

 

Potensi kita tidak terbatas untuk menjadi seorang yang sempurna. Pungkas beliau

PROGRAM STUDI

PRODI FILSAFAT

menghasilkan sarjana filosof muda yang memiliki pemahaman luas dan keahlian di bidang filsafat Islam, serta mampu memberikan kontribusi terhadap berbagai persoalan pemikiran Filsafat dan Islam pada masyarakat, baik di tingkat nasional maupun internasional

ALQURAN DAN TAFSIR

menghasilkan para sarjana yang memiliki keahlian dalam bidang Ilmu Al-Quran dan Tafsir, mampu melakukan penelitian fenomena sosial dan keagamaan dan mencari alternatif pemecahanan masalahnya berbasiskan pada Ilmu Al- Quran dan Tafsir.

Jalan. Lebak bulus II no.2 Cilandak Barat, Jakarta Selatan 12430. Call: 021-29446460 Fax: 021-29235438 info@sadra.ac.id

About us

Sekolah Tinggi Filsafat Islam di Indonesia yang fokus pada pengkajian filsafat Islam & Ilmu Alqur’an – Tafsir. Sistem pembelajaran di dasarkan pada perpaduan antara nilai-nilai tekstual (alqur’an & Assunah) dengan pendekatan rasional yang bersumber dari khazanah ilmiah Islam klasik & kontemporer.

diggi.id
STAI SADRA
diggi.id
TUTUP