Kemahasiswaan

PROFIL KEMAHASISWAAN

STFI Sadra merupakan lembaga pendidikan formal di lingkungan DEPAG RI memiliki tujuan pendidikan sesuai dengan Undang-Undang No.20 tahun 2003 bab II pasal 3, yaitu :

“…untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berahlaq mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.”

Bagian kemahasiswaan memiliki tugas untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional tersebut pada wilayah non akademik. Bagian kemahasiswaan bertugas untuk membimbing dan mengembangkan potensi mahasiswa secara komprehensif yang meliputi kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotorik.

Selain memiliki tujuan pendidikan nasional STFI Sadra juga memiliki tujuan pendidikan institusional yaitu :

Menghasilkan lulusan yang mampu memahami ilmu-ilmu keislaman secara komprehensif, holistik, dan integratif serta memiliki kepekaan terhadap persoalan keilmuan, kemasyarakatan, problem nilai-nilai, etika kontemporer, dan mampu berperan dalam memajukan pencerahan pemikiran dan kemanusiaan berdasarkan Islam, baik di tingkat nasional maupun di tingkat internasional.

Untuk mewujudkan tujuan institusional STFI Sadra berupaya mensinergikan potensi pengetahuan filsafat, tasawuf/irfan, dan wahyu (al-Qur’an). Kegiatan akademik yang mengembangkan potensi mahasiswa lebih teoritik formal. Sedangkan bagian kemahasiswaan mengembangkan pendidikan yang lebih holistik dan komprehensif. Seperti kegiatan organisasi kemahasiswaan, bimbingan/penyuluhan, intelektual, seni budaya, olah raga, keagamaan, kreatifitas dan lain-lain. Pendidikan di STFI Sadra bersifat holistik yang melibatkan pendidikan akal, hati, dan perilaku. Sehingga peserta didik menjadi cerdas akalnya, lembut hatinya, dan baik perilakunya.

Dalam pelaksanaan tugas bagian kemahasiswaan ditopang oleh empat  bidang sebagai berikut:

1.      Bidang Administrasi Umum dan Budaya  

2.      Bidang Keagamaan

3.      Bidang Nalar dan intelektual

4.      Bidang Keasramaan

Bidang Keagamaan

Gambaran Tugas :

Meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam kajian-kajian keIslaman serta kemampuan mereka dalam membaca al-Qur’an, teks arab, dan beberapa kajian yang berkaitan dengan keislaman

Bidang Keasramaan

Gambaran tugas :

Mengontrol dan mengawal kegiatan mahasiswa di asrama untuk melatih kedisiplinan dan membangun akhlaq yang baik bagi  mahasiswa.

Bidang Nalar dan Intelektual

Gambaran tugas :

Membimbing  lembaga pers mahasiswa dan penelitian,  mengadakan Seminar, Work shop, Short Course, Program field trip, jurnalistik, dan membentuk program reguler seperti diskusi mingguan, diskusi bulanan, seminar tahunan.

Administrasi  Umum,  Seni dan Budaya

Gambaran tugas :

Transkrip data mahasiswa, membuat laporan kegiatan, mengatur jalur administrasi mahasiswa.

pendelegasian mahasiswa dalam kegiatan luar kampus,

membentuk kegiatan olah raga, PHBI.

PROGRAM STUDI

PRODI FILSAFAT

menghasilkan sarjana filosof muda yang memiliki pemahaman luas dan keahlian di bidang filsafat Islam, serta mampu memberikan kontribusi terhadap berbagai persoalan pemikiran Filsafat dan Islam pada masyarakat, baik di tingkat nasional maupun internasional

ALQURAN DAN TAFSIR

menghasilkan para sarjana yang memiliki keahlian dalam bidang Ilmu Al-Quran dan Tafsir, mampu melakukan penelitian fenomena sosial dan keagamaan dan mencari alternatif pemecahanan masalahnya berbasiskan pada Ilmu Al- Quran dan Tafsir.

Jalan. Lebak bulus II no.2 Cilandak Barat, Jakarta Selatan 12430. Call: 021-29446460 Fax: 021-29235438 info@sadra.ac.id

About us

Sekolah Tinggi Filsafat Islam di Indonesia yang fokus pada pengkajian filsafat Islam & Ilmu Alqur’an – Tafsir. Sistem pembelajaran di dasarkan pada perpaduan antara nilai-nilai tekstual (alqur’an & Assunah) dengan pendekatan rasional yang bersumber dari khazanah ilmiah Islam klasik & kontemporer.

diggi.id
STAI SADRA
diggi.id
TUTUP