Kuliah Dosen Tamu STFI Sadra di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung

sdfBandung 15/10/2014. Bertempat di Auditorium Fakultas Ilmu Pendidikan Sosial (FIPS) Prodi Ilmu Pendidikan Agama Islam (IPAI) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, Dosen Tamu STFI Sadra Prof. Dr. Sayyed Mundzir Al-Hakim memberikan Kuliah umum dalam moment Eminence Lectures Series yang menjadi agenda tetap Prodi IPAI FIPS UPI Bandung. Hadir dalam Seminar ini Ketua Selaku Ketua Prodi IPAI Dr. Endis Firdaus, M.Ag yang juga sekaligus moderator dalam acara ini. Acara ini dihadiri oleh ratusan peserta yang terdiri dari mahasiswa, dosen dan staf FIPS IPAI UPI Bandung.

Dalam kuliahnya Prof. Dr. Sayyed Mundzir Al-Hakim menyinggu posisi pendidikan dalam islam. Menurutnya pendidikan haruslah didasarkan pada asumsi bahwa manusia dilahirkan dalam keadaan fitrah yang menjadi potensi dasar dari manusia untuk mencapai pemahaman. Menyinggung posisi pendidikan bagi Generasi muda, Prof. Dr. Sayyed Mundzir Al-Hakim menyatakan bahwa mereka (para pemuda) merupakan aset besar bagi setiap negara dan kemajuan sebuah bangsa sangat bergantung pada potensi dan kekuatan mereka. Perputaran roda industri, eksplorasi sumber-sumber daya alam di perut bumi, pembangunan, pertahanan wilayah teritorial dan independensi, keamanan negara, dan juga berbagai inovasi dan penemuan di bidang teknologi dan seni, semua berjalan dengan mengandalkan kekuatan dan buah pikiran generasi muda

Bagi Prof. Dr. Sayyed Mundzir Al-Hakim , Generasi muda memiliki fitrah yang suci dan menerima sesuatu yang suci serta mengamalkan nilai-nilai kesucian. Rasul Saw di awal dakwahnya menarik kaum muda karena ucapan-ucapan hikmah beliau akan berbekas di hati mereka. Rasul Saw bersabda, “Saya mewasiatkan kalian untuk berbuat baik dengan generasi muda, sebab mereka memiliki hati yang lembut dan lebih siap menerima keutamaan?. Prof Dr. Sayyed Mundzir Al-Hakim  kembali menyatakan bahwa Islam menyusun sebuah formula dunia-akhirat bagi seorang pemuda dalam tiga ketegori yaitu akidah, akhlak, dan hukum. Agama langit ini menjabarkan tugas-tugas pokok baik duniawi maupun ukhrawi bagi generasi muda dan remaja. Salah satu poros penting usulan Islam kepada generasi muda adalah menimba ilmu pengetahuan. Islam menaruh perhatian besar terhadap masalah pendidikan dan sains, di mana ayat pertama yang diturunkan kepada Rasulullah Saw adalah perintah untuk membaca dan menimba ilmu.

Eminence Lectures Series FIPS IPAI UPI Bandung ini diakhir dengan saling memberi cinderamata antar dua lembaga. Kedua belah pihak memiliki harapan bahwa kerjasama-kerjasama dibidang akademis seperti ini akan terus berlangsung antara STFI Sadra dan UPI bandung.

PROGRAM STUDI

PRODI FILSAFAT

menghasilkan sarjana filosof muda yang memiliki pemahaman luas dan keahlian di bidang filsafat Islam, serta mampu memberikan kontribusi terhadap berbagai persoalan pemikiran Filsafat dan Islam pada masyarakat, baik di tingkat nasional maupun internasional

ALQURAN DAN TAFSIR

menghasilkan para sarjana yang memiliki keahlian dalam bidang Ilmu Al-Quran dan Tafsir, mampu melakukan penelitian fenomena sosial dan keagamaan dan mencari alternatif pemecahanan masalahnya berbasiskan pada Ilmu Al- Quran dan Tafsir.

Jalan. Lebak bulus II no.2 Cilandak Barat, Jakarta Selatan 12430. Call: 021-29446460 Fax: 021-29235438 info@sadra.ac.id

About us

Sekolah Tinggi Filsafat Islam di Indonesia yang fokus pada pengkajian filsafat Islam & Ilmu Alqur’an – Tafsir. Sistem pembelajaran di dasarkan pada perpaduan antara nilai-nilai tekstual (alqur’an & Assunah) dengan pendekatan rasional yang bersumber dari khazanah ilmiah Islam klasik & kontemporer.

diggi.id
STAI SADRA
diggi.id
TUTUP