Kunjungi UIN SGD Bandung, Prof. Mottaghi Berikan Materi Kuliah Umum

Sadranews-Acara Studium Generale berjudul “Substansi Dialog Interfaith di antara Agama Agama Ibrahim” digelar pukul 08.00 s/d 10.00 WIB di ruang Lecture Hall lantai 2 gedung Fakultas Ushuluddin dan dihadiri sekitar 35 orang mahasiswa SAA Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Kamis (30/01/2020).

Dalam rangka memberikan materi kuliah umum dan agenda lain, Direktur Perwakilan Universitas Internasional Al Mustafa Indonesia, Prof. Dr. Hossein Mottaghi didampingi Dr. Kholid Al Walid, MA, Ketua STFI Sadra Jakarta melakukan kunjungan ke Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Tujuan Studium Generale ini untuk memperoleh keunggulan dalam bidang Kajian Agama Ibrahim dengan memberi pengetahuan dan pemahaman tentang Agama Agama Ibrahim melalui pendekatan historis dan teologi.

Dalam presentasinya berbahasa Persia yang diterjemahkan oleh Dr. Kholid Al Walid, Prof. Mottaghi menjelaskan tentang perbandingan antara dua kitab Perjanjian dengan Al Qur`an dan menekankan pentingnya memahami agama-agama dari sumbernya yakni kitab suci. Pemahaman yang mendalam terhadap agama-agama adalah dasar dari dialog yang terbuka. Dialog harus dilakukan dalam suatu  ruang publik yang bebas dari ancaman kekuasaan. Dialog diarahkan untuk mencari persamaan, dan dari sanalah  akan muncul perdamaian.

Kunjungan Prof. Mottaghi ke UIN Sunan Gunung Djati Bandung dalam rangka kunjungan balasan dari Universitas Internasional Al Mustafa. Lantaran sebelumnya Fakultas Ushuluddin UIN SGD Bandung telah mengirimkan perwakilannya ke Universitas Internasional Al Mustafa Iran untuk melakukan Short Course.

Peningkatkan kerjasama internasional sebagai upaya untuk terhubung dengan masyarakat ilmiah di tingkat internasional merupakan tujuan dan harapan dari pelaksanaan program ini. Selain itu, kegiatan kunjungan profesor ini sebagai bentuk studi komparatif bagi para mahasiswa/i SAA, antara bidang Kajian Studi Agama Agama di Indonesia dan dunia internasional khususnya Iran.

Acara Studium Generale diakhiri dengan photo bersama antara Prof. Mottaghi dan para mahasiswa/i.

PROGRAM STUDI

PRODI FILSAFAT

menghasilkan sarjana filosof muda yang memiliki pemahaman luas dan keahlian di bidang filsafat Islam, serta mampu memberikan kontribusi terhadap berbagai persoalan pemikiran Filsafat dan Islam pada masyarakat, baik di tingkat nasional maupun internasional

ALQURAN DAN TAFSIR

menghasilkan para sarjana yang memiliki keahlian dalam bidang Ilmu Al-Quran dan Tafsir, mampu melakukan penelitian fenomena sosial dan keagamaan dan mencari alternatif pemecahanan masalahnya berbasiskan pada Ilmu Al- Quran dan Tafsir.

Jalan. Lebak bulus II no.2 Cilandak Barat, Jakarta Selatan 12430. Call: 021-29446460 Fax: 021-29235438 info@sadra.ac.id

About us

Sekolah Tinggi Filsafat Islam di Indonesia yang fokus pada pengkajian filsafat Islam & Ilmu Alqur’an – Tafsir. Sistem pembelajaran di dasarkan pada perpaduan antara nilai-nilai tekstual (alqur’an & Assunah) dengan pendekatan rasional yang bersumber dari khazanah ilmiah Islam klasik & kontemporer.

diggi.id
STAI SADRA
diggi.id
TUTUP