Mendidik Anak

Orang tua harus memiliki program khusus untuk anak-anak usia 7-14 tahun dan kadang kala harus bersikap keras terhadap mereka agar anak-anak tidak bermalas-malasan. kadang kala anak-anak harus dilarang melakukan suatu pekerjaan yang tidak ada manfaatnya contoh: (katakan jangan lakukan pekerjaan ini, hari ini jangan bermain dengan anak tetangga, jangan lihat program TV ini) lakukan hal ini dengan sungguh-sungguh tetapi dengan penuh kasih sayang. Seandainya anak-anak diperlakukan seperti ini, mereka pelan-pelan belajar melawan kemalasan. Akan tetapi jangan sampai kehilangan tujuan anda untuk mendidik anak-anak. Sebagian orang tua mengatasnamakan mmmendidik anak tetapi sebenarnya mencari kemalasan diri sendiri. Dalam artian ketika orang tua sedang tidak mut melakukan suatu pekerjaan maka mereka menyuruh anak-anak mereka  untuk mengerjakan tugas tersebut. Hal ini tidak akan hilang dari benak dan akan menimbulkan kesan negatif terhadap mereka. Mempunyai program yang dipikirkan dengan matang akan membantu orang tua agar berjalan tidak terlalu jauh dari tujuan asli mereka. Mungkin surat Al-Quran yang dapat menggambarkan gaya hidup yang benar adalah surat Hujurot. Surat ini menggambarkan perilaku dan budaya baik. Contoh yang dapat dijadikan cerminan pada surat Hujurot ini perilaku patuh kepada Allah dan Nabi saww. dapat dikatakan unsur yang paling penting untuk mempercantik gaya hidup kita adalah perilaku. Perilaku hormat terhadap ulama besar dan guru adalah hal yang paling penting dalam kehidupan kita. Perilaku baik akan memperindah penghambaan dan gaya hidup manusia.

Seandainya orang tua terburu-buru menunggu hasil dalam mendidik anak maka hasilnya akan lebih jelek. Peringatan yang berlebihan, Pemaksaan yang tidak benar dan pengharagaan yang tidak tepat, kesemuanya itu dilakukan untuk kesegeraan pencapaian tujuan maka tidak akan berhasil karena mendidik anak-anak adalah perkara yang membutuhkan waktu panjang.

 

 

PROGRAM STUDI

PRODI FILSAFAT

menghasilkan sarjana filosof muda yang memiliki pemahaman luas dan keahlian di bidang filsafat Islam, serta mampu memberikan kontribusi terhadap berbagai persoalan pemikiran Filsafat dan Islam pada masyarakat, baik di tingkat nasional maupun internasional

ALQURAN DAN TAFSIR

menghasilkan para sarjana yang memiliki keahlian dalam bidang Ilmu Al-Quran dan Tafsir, mampu melakukan penelitian fenomena sosial dan keagamaan dan mencari alternatif pemecahanan masalahnya berbasiskan pada Ilmu Al- Quran dan Tafsir.

Jalan. Lebak bulus II no.2 Cilandak Barat, Jakarta Selatan 12430. Call: 021-29446460 Fax: 021-29235438 info@sadra.ac.id

About us

Sekolah Tinggi Filsafat Islam di Indonesia yang fokus pada pengkajian filsafat Islam & Ilmu Alqur’an – Tafsir. Sistem pembelajaran di dasarkan pada perpaduan antara nilai-nilai tekstual (alqur’an & Assunah) dengan pendekatan rasional yang bersumber dari khazanah ilmiah Islam klasik & kontemporer.

diggi.id
STAI SADRA
diggi.id
TUTUP