Menggali Matematika Khawarizmi dan Ikhwan al-Shafa

Sadra-News. Kamis 7/09. Sekolah Tinggi Filsafat Islam (STFI) Sadra kembali menyelenggarakan Forum Temu Pakar (FTP) dengan tema “”Menggali Matematika Khawarizmi dan Ikhwan al-Shafa” dengan pembicara Dr. Teguh dan Ayu S,Ag. Diskusi ini mengetengahkan kontribusi para filosof muslim pada ilmu pengetahuan klasik dan modern.

Dr. Teguh menyatakan bahwa Buku Al Khawarizme yang berjudul Al Jabar wa Muqabalat mengandung pengertian bahwa prinsip matematika adalah prinsip Equilibirium atau keseimbangan yang selaras dengan ayat Al Quran pada surat al Anbiya ayat 47 bahwa “Allah akan menerapkan keseimbangan dalam perhitungan”. Keseimbangan tidak semata-mata diciptakan namun ia merupakan prinsip itu sendiri. Matematika merupakan ilmu yang sangat aplikatif yang tidak hanya berkutat pada angka-angka saja namun menghubungkan manusia dengan nilai-nilai abstrak yang paling dekat dengan diri manusia yakni nilai-nilai keTuhanan, kemanusiaan, keadilan dan keseimbangan.

Sebelumnya Ayu, S.Ag juga mengetengahkan bahwa dalam risalah-risalah Ikhwan As-Safa terdapat banyak pernyataan yang mengatakan bahwa matematika merupakan ilmu yang menyimpan sisi spiritual serta mengandung makna ketuhanan, kebijaksanaan, dan kemanusiaan. Misalnya doktrin bilangan 1 yang menjadi sumber segala bilangan, ini merepresentasikan makna tauhid tentang keesaan Tuhan yang menjadi sumber segala ciptaan. Menurut Ikhwān al-Ṣafā’ bilangan bukan hanya sesuatu yang bersifat simbolik atau konseptual melainkan sesuatu yang memiliki kedudukan ontologis.

Hadir dalam Diskusi ini Para Staf, Dosen dan Para Mahasiswa. Diskusi ini ditutup dengan sesi foto bersama dan penyerahan sertifikat kepada presenter.

PROGRAM STUDI

PRODI FILSAFAT

menghasilkan sarjana filosof muda yang memiliki pemahaman luas dan keahlian di bidang filsafat Islam, serta mampu memberikan kontribusi terhadap berbagai persoalan pemikiran Filsafat dan Islam pada masyarakat, baik di tingkat nasional maupun internasional

ALQURAN DAN TAFSIR

menghasilkan para sarjana yang memiliki keahlian dalam bidang Ilmu Al-Quran dan Tafsir, mampu melakukan penelitian fenomena sosial dan keagamaan dan mencari alternatif pemecahanan masalahnya berbasiskan pada Ilmu Al- Quran dan Tafsir.

Jalan. Lebak bulus II no.2 Cilandak Barat, Jakarta Selatan 12430. Call: 021-29446460 Fax: 021-29235438 info@sadra.ac.id

About us

Sekolah Tinggi Filsafat Islam di Indonesia yang fokus pada pengkajian filsafat Islam & Ilmu Alqur’an – Tafsir. Sistem pembelajaran di dasarkan pada perpaduan antara nilai-nilai tekstual (alqur’an & Assunah) dengan pendekatan rasional yang bersumber dari khazanah ilmiah Islam klasik & kontemporer.

STAI SADRA
TUTUP