Orientasi Mahasiswa Baru Program Hauzah Al-Mustafa 2013-2014

DSC09060وَالَّذِينَ جَاهَدُوا فِينَا لَنَهْدِيَنَّهُمْ سُبُلَنَا ۚ وَإِنَّ اللَّهَ لَمَعَ الْمُحْسِنِينَ

“Dan orang-orang yang bersungguh-sungguh untuk (mencari keridhaan) Kami, benar-benar Kami akan tunjukkan kepada mereka jalan-jalan Kami. Dan sesungguhnya Allah benar-benar beserta orang-orang yang berbuat baik.” (Al-Ankabut 69)

Mengutip ayat diatas Pro.Dr. Seyed Mofid Hoseini Kauhsari membuka ceramahnya dihapan peserta Orientasi Mahasiswa Baru Hauzah Almustafa Jakarta, Selasa 24 September 2013 di Auditorium Almustafa Stfi Sadra.

Menurut beliau pilihan mengikuti program kerjasama lembaga Stfi Sadra dengan Almustafa Internasional University prodi Fiqih dan Studi Islam merupakan implementasi makna jihad ilmu, pilihan ini memang tidak mudah dan penuh tantangan yang membutuh Ikhlas, istiqamah, kesabaran dan tawakkal kepada Allah swt dengan memanfaatkan waktu yang sebaik-baiknya, mengatur waktur secara proporsional, hingga berkonsekwensi pada  banyak petunjuk dari Allah swt pada jalan-jalan sukses.

Beliau menegaskan bahwa mahasiswa muslim dimasa  proses pendidikannya harus terobsesi oleh situasi menyongsong masa depan Islam sebagai solusi peradaban global bagi umat  manusia, disaat dunia telah mengalami pergolakan ideologi yang dahsyat setelah runtuhnya idiologi marxisme, setelah gagalnya kapitalisme, disaat lelahnya mereka terhadap liberalisme dan berbagai isme yang tawarkan namun tidak banyak mengentaskan mereka dari problematika hidup secara individual maupun sosial, kini dengan tantangan situasi ini apa yang harus ditampilkan oleh Islam melalui para cendikiawannya ?

Prof. Hoseini menyeru para mahasiswa “Kalian adalah calon-calon cendikiawan muslim yang diharapkan mampu tampil dengan Islam yang sesungguhnya, menentang dan melawan propaganda-propaganda yang menghambat laju Islam, dengan fitnah dan penyimpangan terhadap Islam melalui isu-isu terorisme, takfirisme dan pelecehan terhadap sakralitas agama.”

Lebih lanjut Mufassir muda Hoseini menegaskan bahwa Islam berbeda dengan idiologi lainnya dengan berbagai ciri khas dan karakteristiknya,

  1. Islam adalah agama individual dan sosial
  2. Islam adalah agama Dunia dan Akhirat
  3. Islam adalah agama teori dan amal
  4. Islam adalah agama realitas dan harapan
  5. Islam adalah agama yang sederhana dan tinggi
  6. Islam adalah agama yang tradisional dan modern [MS]

PROGRAM STUDI

PRODI FILSAFAT

menghasilkan sarjana filosof muda yang memiliki pemahaman luas dan keahlian di bidang filsafat Islam, serta mampu memberikan kontribusi terhadap berbagai persoalan pemikiran Filsafat dan Islam pada masyarakat, baik di tingkat nasional maupun internasional

ALQURAN DAN TAFSIR

menghasilkan para sarjana yang memiliki keahlian dalam bidang Ilmu Al-Quran dan Tafsir, mampu melakukan penelitian fenomena sosial dan keagamaan dan mencari alternatif pemecahanan masalahnya berbasiskan pada Ilmu Al- Quran dan Tafsir.

Jalan. Lebak bulus II no.2 Cilandak Barat, Jakarta Selatan 12430. Call: 021-29446460 Fax: 021-29235438 info@sadra.ac.id

About us

Sekolah Tinggi Filsafat Islam di Indonesia yang fokus pada pengkajian filsafat Islam & Ilmu Alqur’an – Tafsir. Sistem pembelajaran di dasarkan pada perpaduan antara nilai-nilai tekstual (alqur’an & Assunah) dengan pendekatan rasional yang bersumber dari khazanah ilmiah Islam klasik & kontemporer.

diggi.id
STAI SADRA
diggi.id
TUTUP