Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah STFI Sadra

IMG_6190STFI Sadra–  Department Riset STFI Sadra mengadakan Training Penulisan Karya Ilmiah (1/29/2015). Dituntut oleh percepatan informasi keilmuan terkait dengan tugas utama lembaga STFI Sadra untuk memberikan serta  meningkatkan wawasan keilmuan yang jauh lebih luas kepada masyarakat akademik Indonesia, yang dalam konteks visi DP2M Ditjen Dikti Kemristek Dikti RI (terkait Permendikbud No.49/2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi), berupa: (1) menulis artikel ilmiah dari hasil penelitian atau hasil “perenungan” dan (2) menyebarluaskan atau memublikasikan artikel ilmiah tersebut dalam jurnal/berkala bereputasi.

STFI Sadra merespon kebutuhan tersebut melalui kegiatan pelatihan penulisan artikel ilmiah, yang oleh DP2M Ditjen Dikti Kemristek Dikti RI memang menjadi prioritas utama dalam upaya peningkatan kemampuan menulis artikel ilmiah di kalangan dosen Indonesia demi tersebarluasnya hasil penelitian mereka. Oleh karena itu, gelar Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah menjadi hal yang sangat urgen bagi STFI Sadra.

IMG_6220Agenda pelatihan ini terdiri dari Materi Sesi pertama yakni “Strategi (Umum) Menulis Artikel Ilmiah” (Isu Budaya Kontemporer, Strategi Memilih Jurnal Bereputasi, Menentukan Terget Jurnal), “Bahasa Artikel Ilmiah”(Tata Permainan Bahasa Artikel Ilmiah dan Problem Etisnya), “Etika Kepenulisan (Artikel) Ilmiah”, (Kode Etik Penulis dan masalah dalam Perujukan; Peran Penyunting, Peran Mitra Bestari, dan Lalu Lintas Naskah). Hadir sebagai instruktur dalam pelatihan ini Dr. Wahyu Wibowo mantan dekan fakultas bahasa Universitas Nasional (UNAS) penulis produktif yang telah menulis 29 judul buku. Training penulisan Karya Ilmiah ini direncanakan memakan waktu dua hari dengan melibatkan para instruktur yang  berpengalaman dibidangnya.

PROGRAM STUDI

PRODI FILSAFAT

menghasilkan sarjana filosof muda yang memiliki pemahaman luas dan keahlian di bidang filsafat Islam, serta mampu memberikan kontribusi terhadap berbagai persoalan pemikiran Filsafat dan Islam pada masyarakat, baik di tingkat nasional maupun internasional

ALQURAN DAN TAFSIR

menghasilkan para sarjana yang memiliki keahlian dalam bidang Ilmu Al-Quran dan Tafsir, mampu melakukan penelitian fenomena sosial dan keagamaan dan mencari alternatif pemecahanan masalahnya berbasiskan pada Ilmu Al- Quran dan Tafsir.

Jalan. Lebak bulus II no.2 Cilandak Barat, Jakarta Selatan 12430. Call: 021-29446460 Fax: 021-29235438 info@sadra.ac.id

About us

Sekolah Tinggi Filsafat Islam di Indonesia yang fokus pada pengkajian filsafat Islam & Ilmu Alqur’an – Tafsir. Sistem pembelajaran di dasarkan pada perpaduan antara nilai-nilai tekstual (alqur’an & Assunah) dengan pendekatan rasional yang bersumber dari khazanah ilmiah Islam klasik & kontemporer.

diggi.id
STAI SADRA
diggi.id
TUTUP