PENGENALAN ORGANISASI DAN PERPUSTAKAAN SERTA AKADEMIK

DSC_0193STFI Sadra Jumat, 22/08/2014. Pada jam 8.00 setelah sarapan pagi dan persiapan, seluruh peserta Ospek berkumpul di Auditorium Al-Mustafa STFI Sadra untuk mengikuti rangkaian acara Ospek angkatan 2014. Agenda kali ini adalah pengenalan organisasi atau Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang ada di STFI Sadra. Ada banyak organisasi aktif yang bergerak dalam beragam bidang di STFI Sadra, antara lain Sadra SPS, Sadrian, Fatimah Voice, Lingkar Al-Sinkili, Theosophi dan FKHM. Adapun rincian dari UKM-UKM tersebut adalah sebagai berikut :

Sadra SPS (Sahabat Pena Sadra) adalah sebuah organisasi yang bergerak di bidang jurnalistik dengan menggunakan  sosial media Internet dan media cetak serta bertugas untuk meliput seluruh kegiatan yang terjadi di kampus STFI Sadra, liputan yang di hasilkan oleh Sadra SPS selalu up to date, hasil liputannya bisa dilihat pada akun facebook “Sadra SPS” dan twitter dengan “@Sadra SPS”.  Dalam acara tersebut Jurnalis SPS juga DSC_0201membagikan Majalah Makna edisi 2, Buletin Luqman, dan souvenir  SPS  lainnya  kepada beberapa Peserta OSPEK.

SADRIAN yang di ketuai oleh Saudara Riki Abdullah, adalah sebuah organisasi yang bergerak dalam seni musik. Organisasi adalah wadah untuk mengasah jiwa-jiwa yang memilki bakat seni musik lalu di tuangkan dalam sebuah Anasyid dan lagu-lagu islami.

Organisasi Fatimah Voicepun seperti Sadrian bergerak dalam bidang seni musik namun anggota organisasi ini adalah akhwat. Organisasi ini yang diketuai oleh Saudari Indah Damayana telah tampil di beragam acara besar di kampus STFI Sadra.

Lingkar Al-Sinkili bergerak dalam penelitian Tafsir dan Al-Quran. Dalam pengenalan Organisasi ini Ketua Organisasi DSC_0205Saudari Endang Nur Fitria menampilkan sebuah video yang berisi tentang sejarah berdirinya lalu di lanjutkan dengan kegiatan dan penelitian-penelitian yang selama ini telah dilakukan di berbagai tempat oleh Lingkar Al-Sinkini.

Theosophia adalah sebuah organisasi peneliti yang fokus pada penelitian Filsafat Islam. Dalam hal ini anggota organisasi mengajak peserta Ospek untuk bergabung dalam organisasi ini, agar dapat memecahkan segala problema dalam kehidupan nyata dengan berpikir logis.

FKHM adalah sebuah organisasi yang mengevaluasi segala kegiatan yang telah dijalankan oleh setiap organisasi di STFI Sadra, dengan demikian anggota organisasi ini hanya ketua masing-masing organisasi.

Setelah acara pengenalan organisasi, adalah pengenalan Perpustakaan dan Akademik. Dalam hal ini Dra. Endang Sri DSC_0223Rahayu, M.Ud selaku ketua perpustakaan STFI Sadra bertindak sebagai pembicara, menyampaikan pentingnya peran perpustakaan dalam sebuah perguruan tinggi bahkan disebutnya sebagai hal yang urgen. Saat ini perpustakaan mengoleksi 10.244 judul buku dengan 17.407 examplar dalam 4 bahasa yaitu: Indonesia,Arab, Inggris dan Persia. Dalam acara pengenalan Akademik yang dipimpin oleh Kepala Biro Akademik Bapak Andri Syawaludin, M.Pd, beliau menyampaikan peraturan yang berlaku di kampus STFI Sadra ini lalu menekankan pada kedisiplinan menggunakan Bahasa harian, maupun bahasa Arab dan Inggris karena kemampuan bahasa asing merupakan syarat utama untuk melanjutkan studi di semester berikutnya…

DSC_0240

PROGRAM STUDI

PRODI FILSAFAT

menghasilkan sarjana filosof muda yang memiliki pemahaman luas dan keahlian di bidang filsafat Islam, serta mampu memberikan kontribusi terhadap berbagai persoalan pemikiran Filsafat dan Islam pada masyarakat, baik di tingkat nasional maupun internasional

ALQURAN DAN TAFSIR

menghasilkan para sarjana yang memiliki keahlian dalam bidang Ilmu Al-Quran dan Tafsir, mampu melakukan penelitian fenomena sosial dan keagamaan dan mencari alternatif pemecahanan masalahnya berbasiskan pada Ilmu Al- Quran dan Tafsir.

Jalan. Lebak bulus II no.2 Cilandak Barat, Jakarta Selatan 12430. Call: 021-29446460 Fax: 021-29235438 info@sadra.ac.id

About us

Sekolah Tinggi Filsafat Islam di Indonesia yang fokus pada pengkajian filsafat Islam & Ilmu Alqur’an – Tafsir. Sistem pembelajaran di dasarkan pada perpaduan antara nilai-nilai tekstual (alqur’an & Assunah) dengan pendekatan rasional yang bersumber dari khazanah ilmiah Islam klasik & kontemporer.

STAI SADRA
TUTUP