Pertemuan STAI Sadra Dengan BRIN

Sadranews-Dalam rangka menggali potensi-potensi penelitian ilmiah dan hal-hal yang bisa dikerjasamakan antar lembaga di bidang riset, STAI Sadra menggelar pertemuan dengan Badan Riset Dan Inovasi Nasional (BRIN) di Kampus STAI Sadra Jakarta.

Dalam acara yang dibuka pukul 14.00 WIB tersebut, Drs. Evi Sopandi M.Pd, Drs.Wakhid Sugiyarto M.Si dan Reslawati, S.Ag., M.Si dari BRIN disambut oleh Ketua STAI Sadra Dr. Kholid Al Walid beserta jajarannya dan sejumlah dosen peneliti STAI Sadra di Ruang Pertemuan Kampus STAI Sadra, Rabu (21/12/2022) siang.

Dalam sambutannya, Dr. Kholid pertama-tama mengucapkan banyak terimakasih atas kehadiran Drs. Evi Sopandi berserta timnya. Ia menyampaikan, pertama kita menyadari bahwa riset masih sangat minim di negeri kita. Orang lebih suka membuka berita-berita di Medsos dari pada membaca hasil sebuah riset. Di Medsos seorang profesor dan anak SMA tidak ada bedanya dan hasil riset kadang diabaikan begitu saja. Ini adalah sebuah persoalan. Kedua, seluruh kampus sangat memerlukan riset-riset untuk meningkatkan kualitas kampus dan sebuah kewajiban bagi Tridharma Perguruan Tinggi bagi dosen dan mahasiswa dituntut untuk melakukan penelitian. Sebagaimana bila dilihat Indeks penelitian di negara-negara maju sangat luar biasa.

“Banyak hal yang harus dilakukan dalam bidang riset ini. STAI Sadra siap bekerjasama dengan BRIN dalam melakukan riset yang tentu saja terkait dengan bidang STAI Sadra. Kami memiliki dosen-dosen yang sangat kompeten di bidang agama, filsafat dan teologi dan aktif melakukan penelitian. Mahasiswa kami juga melakukan penelitian ilmiah yang dimuat di jurnal. Semoga ke depan STAI Sadra dapat segera bekerjasama dengan BRIN dalam melakukan penelitian,” ungkapnya.

Sementara itu, Drs. Evi Sopandi dalam pembicaraannya setelah mengenalkan Badan Riset dan Inovasi Nasional yang merupakan lembaga pemerintah nonkementerian yang membawahi beragam organisasi dan pusat riset dan bertanggung jawab kepada presiden melalui kementerian bidang riset dan teknologi, menyampaikan sejumlah Program Penelitian di Rumah Program dan Kegiatan OR IPSH-BRIN.

Dalam pertemuan ini, setelah berbagi berbagai pengalaman BRIN dalam menjalankan program penelitian dengan pihak lain, Drs. Evi membahas program-program penelitian yang berhubungan dengan perguruan-pergurun tinggi dan hal-hal yang bisa dikerja samakan antara dua lembaga. “Semoga langkah BRIN berkolaborasi dengan STAI Sadra dalam penelitian tema-tema pendidikan dan tema yang sangat bermanfaat untuk masyarakat dapat segera terwujud,” ujarnya.

 

 

PROGRAM STUDI

PRODI FILSAFAT

menghasilkan sarjana filosof muda yang memiliki pemahaman luas dan keahlian di bidang filsafat Islam, serta mampu memberikan kontribusi terhadap berbagai persoalan pemikiran Filsafat dan Islam pada masyarakat, baik di tingkat nasional maupun internasional

ALQURAN DAN TAFSIR

menghasilkan para sarjana yang memiliki keahlian dalam bidang Ilmu Al-Quran dan Tafsir, mampu melakukan penelitian fenomena sosial dan keagamaan dan mencari alternatif pemecahanan masalahnya berbasiskan pada Ilmu Al- Quran dan Tafsir.

Jalan. Lebak bulus II no.2 Cilandak Barat, Jakarta Selatan 12430. Call: 021-29446460 Fax: 021-29235438 info@sadra.ac.id

About us

Sekolah Tinggi Filsafat Islam di Indonesia yang fokus pada pengkajian filsafat Islam & Ilmu Alqur’an – Tafsir. Sistem pembelajaran di dasarkan pada perpaduan antara nilai-nilai tekstual (alqur’an & Assunah) dengan pendekatan rasional yang bersumber dari khazanah ilmiah Islam klasik & kontemporer.

diggi.id
STAI SADRA
diggi.id
TUTUP