Petik Hikmah Ramadhan dan Tingkatkan Silaturrahmi, STAI Sadra Gelar Bukber

Sadranews-STAI Sadra menggelar acara Silatrurrahmi dan Buka Puasa Bersama Pimpinan dan Keluarga Besar Yayasan Hikmat Al Mustafa Berserta Keluarga dengan tema “Membumikan Nilai-Nilai Al Quran dalam Kehidupan” pada pukul 16.30 WIB di Auditorium Al Mustafa STAI Sadra Jakarta, Jumat (31/3/2023) sore.

Acara Buka Puasa Bersama ini diadakan rutin setiap tahun dan dihadiri para karyawan Yayasan Hikmat Al Mustafa berserta keluarga dan sejumlah tamu undangan. Turut hadir Prof. Dr. Abdul Madjid Hakimollahi, Dr. Umar Shahab dan Ustadz Ahmad Hidayat.

Pada kesempatan ini, Dr. Kholid Al Walid dalam sambutannya mengingatkan akan keutamaan bulan suci Ramadhan yang harus dimanfaatkan semaksimal mungkin dengan berbagai macam kegiatan ibadah dan berdoa semoga kewajiban ini dapat ditunaikan dengan sempurna. “Semoga kita mendapatkan keberkahan di bulan suci ini dan bulan suci Ramadhan ini menjadi bulan terbaik bagi kita semua,” ungkapnya.

Sementara Abdullah Beik, MA selaku Ketua Hauzah Al Mustafa Jakarta dalam sambutannya menyampaikan sabda Nabi Muhammad saw dalam khotbahnya bahwa di antara hal yang ditekankan dan menjadi bagian utama dalam bulan suci Ramadhan adalah memberi makan untuk berbuka puasa dan menyambung tali silaturrahmi antara satu sama lain.

“Acara buka bersama ini termasuk bagian utama tersebut lantaran selain kita dapat berbuka puasa bersama, kita juga bisa dari dekat melakukan silaturrahmi. Acara ini juga sebagai bentuk syukur kita kepada Allah atas berbagai kenikmatanNya,” tuturnya.

Ketua Yayasan Hikmat Al Mustafa, Prof. Dr. Hossein Mottaghi dalam tausiahnya menekankan pentingnya hubungan keluarga. Salah satu cara untuk menguatkan hubungan keluarga adalah menciptakan energi positif. Esensi bulan suci Ramadhan memiliki energi positif sebagai penguat hubungan keluarga. Di antara faktor energi positif sebagai penguat hubungan keluarga adalah pertama suami dan istri saling membantu dalam melakukan pekerjaan rumah tangga, meskipun dalam hal memasak. Faktor kedua, melakukan olah raga jogging  bersama. Faktor ketiga dalam menciptakan energi positif adalah tidak saling menuntut antara suami dan istri dan saling memaklumi keterbatasan masing-masing.

Beliau menambahkan, kehidupan sebuah keluarga yang saling menuntut antara suami dan istri akan membuat suana tidak harmonis dan akan menimbulkan cekcok berkepanjangan sehingga menghilangkan energi positif sebagai penguat hubungan keluarga. Acara buka bersama keluarga seperti ini juga merupakan salah satu hal penting dalam memumbuhkan energi positif untuk penguat hubungan keluarga. Hal penting lainnya, para istri atau suami memahami tugas dan pekerjaan mulia masing-masing dalam mengabdi, mengajar dan bekerja di lembaga pendidikan. Sehingga lahir dari lembaga pendidikan tersebut kader-kader terbaik yang berguna bagi masyarakat. Hal ini juga akan menciptakan energi positif.

“Karena itu, saya sangat mengapresiasi kerja keras para kayawan dan para dosen Yayasan Hikmat Al Mustafa dan berdoa semoga Allah membalas kerja keras dan kesabaran kalian dalam berkhidmat di lembaga pendidikan ini dengan kebaikan dan kemuliaan,” pesannya di hadapan para karyawan beserta keluarga dan tamu undangan.

Pemberian hadiah melalui undian doorprize, turut memeriahkan suasana acara ini dan sepuluh nama karyawan yang terpilih sebagai penerima hadiah, dipanggil satu persatu untuk mengambil hadiah-hadiah yang sudah disiapkan.

Acara berakhir dengan pembacaan doa bersama yang dipimpin oleh Prof. Dr. Abdul Madjid Hakimollahi dan kemudian dilakukan foto bersama.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PROGRAM STUDI

PRODI FILSAFAT

menghasilkan sarjana filosof muda yang memiliki pemahaman luas dan keahlian di bidang filsafat Islam, serta mampu memberikan kontribusi terhadap berbagai persoalan pemikiran Filsafat dan Islam pada masyarakat, baik di tingkat nasional maupun internasional

ALQURAN DAN TAFSIR

menghasilkan para sarjana yang memiliki keahlian dalam bidang Ilmu Al-Quran dan Tafsir, mampu melakukan penelitian fenomena sosial dan keagamaan dan mencari alternatif pemecahanan masalahnya berbasiskan pada Ilmu Al- Quran dan Tafsir.

Jalan. Lebak bulus II no.2 Cilandak Barat, Jakarta Selatan 12430. Call: 021-29446460 Fax: 021-29235438 info@sadra.ac.id

About us

Sekolah Tinggi Filsafat Islam di Indonesia yang fokus pada pengkajian filsafat Islam & Ilmu Alqur’an – Tafsir. Sistem pembelajaran di dasarkan pada perpaduan antara nilai-nilai tekstual (alqur’an & Assunah) dengan pendekatan rasional yang bersumber dari khazanah ilmiah Islam klasik & kontemporer.

STAI SADRA
TUTUP