Sekolah Hikmah Muta’aliyah (Opening)

STFI Sadra. Sabtu 18/04 bertempat di auditorium al Mustafa Sekolah Filsafat Hikmah Muta’aliyah seri perdana sukses diselenggarakan oleh ICAS Jakarta bekerja sama dengan STFI Sadra. Sekolah Filsafat Hikmah Muta’aliyah kali ini membahas tema-tema mukadimah (pengantar) untuk memahami skema isu-isu yang menjadi topik pembahasan dalam filsafat Hikmah Muta’aliyah.

Filsafat Hikmah Muta’aliyah ini sendiri merupakan magnum opus Muhammad Sadr Ad-Dhin as-Sirazy atau yang lebih dikenal dengan nama Mulla Sadra seorang filosof klasik yang berasal dari persia, anak seorang menteri di zaman shah abbas ketika beliau berkuasa. Mulla Sadra menjadikan filsafat-filsafat yang berkembang sebelumnya seperti mazhab filsafat paripatetik (Masha’iyah), dan Filsafat iluminasi (Isyraqiyah) sebagai rujukan dan bahan komparasi untuk memunculkan format baru pemikiran filsafat yang diajukannya.

Filsafat Hikmah Muta’aliyah ini sendiri menjadikan Tuhan (Realitas Fundamental) dan manifestasinya (Realitas Aksidental) sebagai isu utama yang patut menempati salah satu ruang dalam fikiran manusia. Hadir sebagai pengajar dalam seri perdana ini yakni Dr. Ammar Fauzi yang di dampingi oleh Ir. Ahmad Jubaili sebagai moderator.

PROGRAM STUDI

PRODI FILSAFAT

menghasilkan sarjana filosof muda yang memiliki pemahaman luas dan keahlian di bidang filsafat Islam, serta mampu memberikan kontribusi terhadap berbagai persoalan pemikiran Filsafat dan Islam pada masyarakat, baik di tingkat nasional maupun internasional

ALQURAN DAN TAFSIR

menghasilkan para sarjana yang memiliki keahlian dalam bidang Ilmu Al-Quran dan Tafsir, mampu melakukan penelitian fenomena sosial dan keagamaan dan mencari alternatif pemecahanan masalahnya berbasiskan pada Ilmu Al- Quran dan Tafsir.

Jalan. Lebak bulus II no.2 Cilandak Barat, Jakarta Selatan 12430. Call: 021-29446460 Fax: 021-29235438 info@sadra.ac.id

About us

Sekolah Tinggi Filsafat Islam di Indonesia yang fokus pada pengkajian filsafat Islam & Ilmu Alqur’an – Tafsir. Sistem pembelajaran di dasarkan pada perpaduan antara nilai-nilai tekstual (alqur’an & Assunah) dengan pendekatan rasional yang bersumber dari khazanah ilmiah Islam klasik & kontemporer.

diggi.id
STAI SADRA
diggi.id
TUTUP