SERI SEMINAR NASIONAL “Membuktikan Otentisitas Al Quran”

IMG_5534Pada hari Jum’at, 19 Desember 2014, Seri Seminar Nasional bertajuk Al Quran dan Berbagai Dimensi Kehidupan Manusia dilangsungkan di Sekolah Tinggi Filsafat Islam (STFI) Sadra, Jl. Lebak Bulus II No. 2 Cilandak Barat, Jaksel. Seminar ini berlangsung pukul 13.30-16.00 WIB dan membahas tema “Membuktikan Otentisitas Al Quran” yang menghadirkan Prof. Dr. KH. Muhaimin Zen (Pakar Tafsir dan Ilmu Al Quran) sebagai pemateri. Sementara yang hadir dalam seminar ini diperkirakan sekitar 100 orang yang terdiri dari Mahasiswa/i STFI Sadra, ICAS Jakarta.

Prof. Dr.KH. Abdul Muhaimin Zen menyampaikan materinya dengan singkat hingga menimbulkan antusiasme yang tinggi para mahasiswa untuk bertanya.

Pakar Tafsir dan Ilmu Al Quran mengatakan “ Al-Qur’an dari sejak turunnya sampai hari kiamat, satu titik pun tidak mengalami perubahan, ini membuktikan otentisitas al-Qur’an”. Beliau membahas tentang bagaimana kita sebagai muslim menghadapi serangan dari para orientalis yang mengkaji dan menjatuhkan al-Qur’an. Beliau membahas otentisitas al-Qur’an lebih kepada aspek bahasanya. Terkait penelitian orientalis pada tahun 1970 yang mengungkapkan bahasa Al-Qur’an 70 % berasal dari bahasa Suryani, sisanya berasal dari bahasa Persia, Romawi, Etophia, Habasyah.

Prof. Dr.KH. Abdul Muhaimin Zen menuturkan, para ulama mutakaddimin telah lebih dulu melawan pendapat – pendapat seperti itu, yaitu dengan pendapat bahwa bahasa-bahasa asing yang terdapat dalam Al-Qur’an sudah mengalami arabisasi sebelum turunnya Al-Qur’an. Jadi bahasa Al Quran adalah bahasa arab asli yang mana tidak ada dalil bagi orang orientalis untuk membantah bahwa Al Quran adalah bahasa arab.

إنا أنزلناه قرآنا عربیا لعلکم تعقلون

“Sesungguhnya Al Quran itu diturunkan dalam bahasa arab agar kalian berpikir”

PROGRAM STUDI

PRODI FILSAFAT

menghasilkan sarjana filosof muda yang memiliki pemahaman luas dan keahlian di bidang filsafat Islam, serta mampu memberikan kontribusi terhadap berbagai persoalan pemikiran Filsafat dan Islam pada masyarakat, baik di tingkat nasional maupun internasional

ALQURAN DAN TAFSIR

menghasilkan para sarjana yang memiliki keahlian dalam bidang Ilmu Al-Quran dan Tafsir, mampu melakukan penelitian fenomena sosial dan keagamaan dan mencari alternatif pemecahanan masalahnya berbasiskan pada Ilmu Al- Quran dan Tafsir.

Jalan. Lebak bulus II no.2 Cilandak Barat, Jakarta Selatan 12430. Call: 021-29446460 Fax: 021-29235438 info@sadra.ac.id

About us

Sekolah Tinggi Filsafat Islam di Indonesia yang fokus pada pengkajian filsafat Islam & Ilmu Alqur’an – Tafsir. Sistem pembelajaran di dasarkan pada perpaduan antara nilai-nilai tekstual (alqur’an & Assunah) dengan pendekatan rasional yang bersumber dari khazanah ilmiah Islam klasik & kontemporer.

diggi.id
STAI SADRA
diggi.id
TUTUP