STFI Sadra Mengajukan Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) & Akreditasi  Program Studi (APS) kepada BAN-PT

Sadra-News. (3/10). Tim Akreditasi STFI Sadra Tahun 2018 dengan izin Allah SWT dan kerja keras yang tidak kenal lelah, akhirnya bisa menuntaskan target Pengajuan Akreditasi Institusi  kepada BAN-PT secara Online. Tentunya, masih ada tugas yang belum selesai untuk ditindaklanjuti yaitu pengajuan Akreditasi Program Studi (APS).

Seperti diketahui bersama, Akreditasi institusi perguruan tinggi (AIPT) adalah proses penilaian terhadap institusi secara keseluruhan yang didasarkan pada standar akreditasi yang telah ditetapkan. Akreditasi dilakukan oleh BAN-PT terhadap semua perguruan tinggi di Indonesia. Tujuan dilaksanakannya akreditasi institusi perguruan tinggi adalah untuk mengetahui komitmen institusi terhadap penyelenggaraan akademik dan manajemen institusi.

Dalam  beberapa bulan terakhir, Tim Akreditasi STFI Sadra yang ditugaskan oleh Ketua STFI Sadra disibukkan dengan beragam persiapan-persiapan akreditasi. Mulai dari rapat-rapat rutin mingguan, panitia kecil, persiapan administrasi, bukti fisik, persiapan di lapangan, karya-karya dosen, riset dan pengabdian dosen, dan lain sebagainya.

Tim Akreditasi membagi Penanggung Jawab Borang masing-masing dan mewajibkan untuk mencermati dan memahami isian borang yang harus diisi sekaligus mempersiapkan bukti-bukti fisik yang diperlukan. Ini bukan pekerjaan yang mudah, karena walaupun proses penilaian belum dilaksanakan oleh Assesor, namun menjadi bahan evaluasi akan proses pengajuan yang akan dikirimkan kepada BAN-PT itu sendiri.

Mengadakan bukti fisik untuk keperluan akreditasi pun lumayan menguras tenaga, waktu, pikiran dan biaya. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan selama 5 tahun ke belakang sangat banyak sekali. Tentunya, pendataan dan pendokumentasian terhadap kegiatan tersebut menjadi hal yang harus ditertibkan. Bukti-bukti dari aktivitas kegiatan yang diselenggarakan,  pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat menjadi sangat penting dalam proses akreditasi.

Banyaknya dokumen yang disiapkan, dan keterkaitan antar isian borang satu dengan yang lainnya menyimpan kerumitan sendiri. Tapi, alhamdulillah berkat kerja keras dan kesolidan Tim Akreditasi STFI Sadra satu persatu dapat dilewati. Dan dalam waktu dekat pun Tim Akreditasi sedang menyiapkan pengajuan Akreditasi berikutnya yaitu Akreditasi Program Studi. Mohon doanya kepada semua pihak, semoga proses akreditasi yang sedang diajukan STFI Sadra dapat berjalan dengan baik dan lancar serta mendapatkan hasil yang maksimal.


 

 

 

 

PROGRAM STUDI

PRODI FILSAFAT

menghasilkan sarjana filosof muda yang memiliki pemahaman luas dan keahlian di bidang filsafat Islam, serta mampu memberikan kontribusi terhadap berbagai persoalan pemikiran Filsafat dan Islam pada masyarakat, baik di tingkat nasional maupun internasional

ALQURAN DAN TAFSIR

menghasilkan para sarjana yang memiliki keahlian dalam bidang Ilmu Al-Quran dan Tafsir, mampu melakukan penelitian fenomena sosial dan keagamaan dan mencari alternatif pemecahanan masalahnya berbasiskan pada Ilmu Al- Quran dan Tafsir.

Jalan. Lebak bulus II no.2 Cilandak Barat, Jakarta Selatan 12430. Call: 021-29446460 Fax: 021-29235438 info@sadra.ac.id

About us

Sekolah Tinggi Filsafat Islam di Indonesia yang fokus pada pengkajian filsafat Islam & Ilmu Alqur’an – Tafsir. Sistem pembelajaran di dasarkan pada perpaduan antara nilai-nilai tekstual (alqur’an & Assunah) dengan pendekatan rasional yang bersumber dari khazanah ilmiah Islam klasik & kontemporer.

diggi.id
STAI SADRA
diggi.id
TUTUP