Sadranews-Acara Webinar Karyawan Yayasan Hikmat Al Mustafa Jakarta dengan tema “Meningkatkan Efektivitas Kerja Karyawan Dengan Manajemen Waktu” bersama narasumber, Rahmadani Hidayatin Sukatendel, S.Psi, M.Kes, Psikolog. (Direktur Hrte Indonesia – Human Resources Training and Empowerment) diselenggarakan di Aula Al Mustafa STAI Sadra Jakarta, Selasa (8/8/2023) siang.
Acara Webinar yang dibuka pukul 13.30 WIB tersebut diawali dengan pembacaan kalam suci ilahi oleh Ustadz Usep Irawan, dimoderatori oleh Firman Burhanuddin, Lc dan dihadiri oleh para karyawan dan pimpinan Yayasan Hikmat Al Mustafa.
Dalam sambutannya, Prof. Dr. Mottaghi menjelaskan beberapa faktor penting terkait kelemahan dalam manajemen waktu. Pertama, kelemahan dalam mengambil keputusan. Kedua, kelemahan dalam mengidentifikasi skala prioritas kerja. Ketiga, kelemahan dalam pendelegasian kerja kepada orang lain yang bisa dipercaya. Keempat, menunda dan mengabaikan tugas. Kelima, takut berkata jujur, “tidak bisa” mengenai perkerjaan yang secara argumentasi tidak bisa dilakukan, tapi malah berkata “bisa”.
“Perusahaan-perusahaan besar hari ini tidak akan bisa sukses tanpa meng-upgrade skil dan pengetahuan sumber daya manusianya dan semoga ke depan webinar ini dapat menghasilkan hal-hal yang positif dan bermanfaat sesuai harapan,” tegasnya.
Sementara Ibu Rahmadani dalam presentasinya menyampaikan banyak hal terkait pentingnya manajemen waktu, personaliti sumber daya manusia yang baik dan meningkat dan kesuksesan perusahaan atau lembaga pendidikan. Dalam dunia industri sumber daya manusia adalah akses penting dan keberhasilan sebuah perusahaan atau organisasi itu tergantung kepada sumber daya manusianya. Sebesar apapun modal dan infrastruktur yang dimiliki sebuah perusahaan, bila sumber daya manusianya tidak diupgrade, akan mengalami perkembangan yang lambat. Sekarang ini dunia mengalami perubahan yang cepat dan menuntut adanya manajemen yang cepat termasuk manajemen inovasi. Inovasi akan terjadi bila sumber daya manusianya memiliki kompetensi dalam melakukan inovasi.
Ciri perusahaan besar adalah memiliki sistem pembelajaran atau peningkatan skil untuk sumber daya manusianya baik berupa kelas atau training secara online maupun offline. Lain halnya pemimpin dalam perusahaan yang tidak mencerdaskan sumber daya manusianya akan menyebabkan kegagalan. Kebutuhan terhadap pengembangan-pengembangan karyawan dalam pendidikan tidak hanya terkait skil dan tugas saja, tetapi juga terkait personalitinya. Â Selain skil, kepribadian yang baik, sabar dan penuh rasa tanggung jawab juga harus dimiliki karyawan. Manajemen waktu dengan kemampuan pemanfaatan waktu secara efektif dan efisien dengan memprioritaskan, menjadwalkan, dan melaksanakan tanggung jawab demi tercapainya tujuan, akan membuat kerja efektif dan dan hasil yang berkualitas. Semakin baik manajemen waktu akan semakin baik pula efektivitas kerjanya begitu pula sebaliknya.
“Oleh karena itu, cara meningkatkan efektivitas kerja melalui manajemen waktu dengan menetapkan tujuan, menentukan prioritas, menyusun jadwal, bersifat asertif, bersikap tegas, menghindari penundaan, meminimalisir waktu terbuang dan kontrol waktu. Di samping itu, harus dilakukan pengembangan dan peningkatan skil sumber daya manusia, sebab sebesar apapun modal dan infrastruktur tanpa pengembangan sumber daya manusia tidak akan berkembang pesat,” terang Rahmadani melalui aplikasi Zoom di hadapan para karyawan dan pimpinan Yayasan Hikmat Al Mustafa.
Seusai sesi tanya jawab yang dimanfaatkan beberapa karyawan dalam menyampaikan pertanyaannya, acara webinar diakhiri dengan doa penutup.