Peringatan Maulid Nabi Muhammad : ” Islam Universal dan Tuntutan Dunia Kontemporer”

Sadra-News. Jumat 08/12. Sekolah Tinggi Filsafat Islam (STFI) Sadra menyelenggarakan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang bertema “ Islam Universal dan Tuntutan Dunia Kontemporer”. Kegiatan ini berlangsung di Auditorium Al Mustafa kampus STFI Sadra Jakarta.

Acara Maulid Nabi ini di hadiri pula oleh pembicara utama yang akan menyampaikan materi tentang Dalam kesempatan ini Dr. Zahra menyampaikan tentang prinsip universal tentang hak-hak perempuan.

Menurut Dr. Zahra Mustafawi, secara hakikat bahwa hak-hak perempuan tidaklah berbeda dari hak laki-laki. Seluruh dunia saat ini sedang disibukkan dengan isu hak-hak perempuan.
Setiap negara yang terikat dengan perjanjian internasional mengenai hak-hak perempuan berkewajiban merealisasikannya dengan baik.

Negara adalah komponen yang paling bertanggung jawab dalam memastikan terjaminnya hak-hak perempuan yang tidak hanya bermanfaat bagi perempuan saja tapi juga bermanfaat bagi laki-laki. hak-hak ini juga dikenal dengan hak-hak umum dan hak-hak kewarganegaraan.

Dalam kesempatan ini Hadir Pula Dr. Hakimelahi yang merupakan salah satu dosen kehormatan STFI Sadra. Salah satu kemuliaan Nabi Muhammad Saw adalah hak atas syafaat terhadap seluruh makhluk. Demikian Dr. Hakim menjelaskan tentang salah satu aspek dari keagungan Rosululloh Saw.

Dr. Hakim dalam penjelasannya mengetengahkan surat Ad-duha yang mengandung makna tersembunyi dari keagungan Rosululloh SAW.

dalam Surat Ad-duhha Allah berfirman dengan mengucapkan dua sumpah. Yakni sumpah atas waktu Pagi dan sumpah atas waktu malam. وَالضُّحَىٰ ﴿١﴾ وَاللَّيْلِ إِذَا سَجَىٰ ﴿٢ yang keduanya mengandung arti bahwa kehidupan ini merupakan sebuah perguliran waktu. segala sesuatunya berada dalam lingkup realitas waktu ini. seseorang bisa berakhir di surga atau di neraka jahanam tergantung bagaimana ia melewati waktu-waktu ini.

Kemudian dalam ayat selanjutnya Allah berfirman kepada Rosululloh مَا وَدَّعَكَ رَبُّكَ وَمَا قَلَىٰ bahwa Rosululloh berada dalam jaminan dukungan penuh oleh Allah SWT. Ini mengandung makna bahwa Rosululloh SAW senantiasa berada dalam keterhubungan mutlak dengan sang pencipta tanpa pernah terputus sekalipun.

Ayat berikutnya وَلَلْآخِرَةُ خَيْرٌ لَّكَ مِنَ الْأُولَىٰ menegaskan bahwa segala sesuatu memiliki awal dan akhir dan Allah menegaskan bahwa bagian akhir adalah selalu lebih baik dari yang awal. ingin mengandung pengertian bahwa segala sesutu diciptakan memiliki tujuan yakni mencapai kesempurnaan dan kesempurnaan tentulah dicapai melalui sebuah proses yang meniscayakan adanya titik awal dan titik akhir. Bagi orang-orang terpelajar, hendaknya menjadikan ini sebagai motivasi untuk tidak jengah berjuang untuk mencapai prestasi-prestasi yang gemilang. Ayat ini juga menjelaskan bahwa Nabi SAW sedang berhadapan dengan sebuah proses yang harus dilewatinya dan Allah menjanjikan akhir yang gemilang bagi beliu.

Ayat selanjutnya menyatakan وَلَسَوْفَ يُعْطِيكَ رَبُّكَ فَتَرْضَىٰ bahwa kemudian Allah akan menganugrahi rosululloh sesuatu akan membuat rosululloh puas. yang dilanjutkan dengan ayat selanjutnya bahwa Allah akan mengganjar kegigihan Nabi SAW dengan sebuah anugrah yang setara dengan kesempurnaan itu sendiri yakni hak atas syafaat atas seluruh makhluk.

Oleh karena itu, dengan menyimak dan mentadaburi ayat ini kita dapat mengerti kenapa pentingnya kita mengingat kelahiran Nabi.

PROGRAM STUDI

PRODI FILSAFAT

menghasilkan sarjana filosof muda yang memiliki pemahaman luas dan keahlian di bidang filsafat Islam, serta mampu memberikan kontribusi terhadap berbagai persoalan pemikiran Filsafat dan Islam pada masyarakat, baik di tingkat nasional maupun internasional

ALQURAN DAN TAFSIR

menghasilkan para sarjana yang memiliki keahlian dalam bidang Ilmu Al-Quran dan Tafsir, mampu melakukan penelitian fenomena sosial dan keagamaan dan mencari alternatif pemecahanan masalahnya berbasiskan pada Ilmu Al- Quran dan Tafsir.

Jalan. Lebak bulus II no.2 Cilandak Barat, Jakarta Selatan 12430. Call: 021-29446460 Fax: 021-29235438 info@sadra.ac.id

About us

Sekolah Tinggi Filsafat Islam di Indonesia yang fokus pada pengkajian filsafat Islam & Ilmu Alqur’an – Tafsir. Sistem pembelajaran di dasarkan pada perpaduan antara nilai-nilai tekstual (alqur’an & Assunah) dengan pendekatan rasional yang bersumber dari khazanah ilmiah Islam klasik & kontemporer.

STAI SADRA
TUTUP