Perpustakaan

Perpustakaan Sadra berdiri sejak th 2004 beriringan dengan dibukanya program Master  Islamic College for Advanced Studies (ICAS) branch of ICAS London yang bekerjasama dengan Program Magister Ilmu Agama Islam (PMIAI) Universitas Paramadina; dan disusul dengan dibukanya program Strata 1 Sekolah Tinggi Filsafat Islam (STFI) Sadra pada th 2012 .Menyesuaikan dengan konsentrasi yang ada di ICAS, yaitu Filsafat Islam dan Tasawuf Islam, serta prodi Filsafat Islam dan Tafsir Al-Qur’an di STFI Sadra, perpustakaan Sadra lebih bersifat perpustakaan khusus yang lebih menfocuskan pada refensi-refensi Filsafat baik Filsafat Barat, terlebih Filsafat Islam; Mysticism, terutama Islamic Mysticism ; Studi Agama, khususnya Studi Islam dan Tafsir Al-Qur’an.

Perpustakaan Sadra sekarang ini masih mempunyai koleksi sejumlah 9857 judul dalam16473eksemplar, yang meliputi koleksi dalam bahasa Indonesia, Inggris, Arab dan bahasa Persia.

Perpustakaan Sadra bisa dibilang Hybrid Library yaitu perpustakaan yang memadukan dua system yaitu  manual and digital. System digital kita gunakan terutama dalam Online Public Access Catalog (OPAC) yg terintegrasi dalam situs  ICAS, www.icas.ac.id ;  sehingga pengguna bisa mencari buku yg dinginkan lewat jalur internet.

Visi

Perpustakaan Sadra sebagai pusat informasi dan sumber referensi terutama dalam kajian studi islam, filsafat islam dan tasawuf / irfan.

Misi

  1. Perpustakaan Sadra menjadi sarana pendidikan dan pembelajaran outclass, artinya perpustakaan merupakan tempat belajar di luar kelas  maupun juga tempat belajar dalam lingkungan kampus, baik bagi mahasiswa internal college maupun external.
  2. Perpustakaan Sadra menjadi pusat penelitian terutama dibidang Filsafat Islam, Tasawuf dan Irfan serta Studi Islam.
  3. Perpustakaan Sadra sebagai tempat menyimpan karya cetak manusia.
  4. Mengembangkan pengadaan  koleksi non cetak ( digital library) dan perpustakaan online.
  5. Membangun kerjasama yang efektif dengan masyarakat kampus dan institusi atau organisasi lain baik di dalam maupun di luar negeri.

Tujuan

Secara umum tujuan Perpustakaan Sadra  adalah mendukung keberhasilan semua aktivitas Tri Darma Perguruan Tinggi yang berlangsung di ICAS dan STFI Sadra baik dalam bidang pengajaran dan pendidikan, penelitian maupun pengabdian pada masyarakat.

Silahkan akses Online Public Access Catalogue (OPAC) STFI Sadra Klik disini

PROGRAM STUDI

PRODI FILSAFAT

menghasilkan sarjana filosof muda yang memiliki pemahaman luas dan keahlian di bidang filsafat Islam, serta mampu memberikan kontribusi terhadap berbagai persoalan pemikiran Filsafat dan Islam pada masyarakat, baik di tingkat nasional maupun internasional

ALQURAN DAN TAFSIR

menghasilkan para sarjana yang memiliki keahlian dalam bidang Ilmu Al-Quran dan Tafsir, mampu melakukan penelitian fenomena sosial dan keagamaan dan mencari alternatif pemecahanan masalahnya berbasiskan pada Ilmu Al- Quran dan Tafsir.

Jalan. Lebak bulus II no.2 Cilandak Barat, Jakarta Selatan 12430. Call: 021-29446460 Fax: 021-29235438 info@sadra.ac.id

About us

Sekolah Tinggi Filsafat Islam di Indonesia yang fokus pada pengkajian filsafat Islam & Ilmu Alqur’an – Tafsir. Sistem pembelajaran di dasarkan pada perpaduan antara nilai-nilai tekstual (alqur’an & Assunah) dengan pendekatan rasional yang bersumber dari khazanah ilmiah Islam klasik & kontemporer.

STAI SADRA
TUTUP