Prodi Al-Quran dan Tafsir (S1)

Prodi Ilmu Alquran dan Tafsir

Prodi yang kedua adalah Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, yang diarahkan pada pendalaman terhadap pemikiran tafsir filosofis dan tafsir sufistik yang menjadi panduan dasar dalam mengawal pengembangan pemikiran dan filafat Islam dalam membangun Peradaban.

Tujuan Program Studi Ilmu Al Quran dan Tafsir

Menghasilkan para sarjana yang memiliki keahlian dalam bidang Ilmu Al-Quran dan Tafsir, mampu melakukan penelitian fenomena sosial dan keagamaan dan  mencari alternatif pemecahanan masalahnya  berbasiskan pada Ilmu Al- Quran dan Tafsir.

Visi

Menjadi pusat pendidikan, penelitian, dan pengembangan Ilmu Al Qur’an dan Tafsir di Indonesia, dalam upaya membangun kembali pemikiran Islam yang logis dan rasional dengan mengintergrasikan pesan-pesan dan nilai-nilai teks suci al Quran dan al Sunah Nabi dengan memaksimalkan peran akal dan hati dalam pemahaman dan pengamalan agama yang dapat berkontribusi pada kemajuan masyarkat dan membangun paradigma peradaban Islam di tingkat Nasional dan Internasioanl.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan Ilmu Al Qur’an dan Tafsir secara komprehensif, rasional, analitis, dan metodologis, dengan visi global dalam suasana keilmuan yang penuh kebebasan berpikir dan moral Islami.
  2. Mengembangkan kajian Al Qur’an dan Tafsir yang tetap setia kepada teks-teks suci agama secara komprehensif, dan merujuk kepada khazanah peradaban Islam yang berkomitmen pada rasionalitas, moralitas, integritas dan kemanusiaan universal.
  3. Melakukan berbagai upaya pencerahan pemikiran Islam, melalui kegiatan penelitian dan kepustakaan, penerbitan, seminar dan workshop dalam mengembangkan tradisi ilmiah Islam yang terbuka dan kritis serta dapat memahami semangat zamannya.

KOMPETENSI DASAR  (35 SKS)

Akhlak, Akidah, Bahasa Arab, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Ilmu Budaya, Fiqh Praktis, Pengantar Logika, Metodologi Studi Islam, Falsafah Pancasila/Civic Education, Pengantar Filsafat,  Sejarah Peradaban Islam,  Pengantar Ulumul Hadits, Pengantar Ulumul Qur’an, IT Literasi,

KOMPETENSI UTAMA DASAR ISLAM (33 SKS)

Filsafat Ilmu, IImu kalam (Perbandingan Mazhab kalam), Ushul Fiqh, Filsafat Islam 1 (al-Masy a’iyah), Filsafat Islam 2 (al-Isyraqiyah), Filsafat Islam 3 (al-Hikmah al-Muta’aliyah), Pengantar Tasawuf, Filologi, Hermeneutika & Semiotika, Tasawuf Falsafi, Kalam Jadid (Teologi Kontemporer), Studi Tema-tema Filsafat Dalam Al-Qur’an dan Hadits, Metodologi Penelitian 1,

KOMPETENSI UTAMA PROGRAM STUDI   (74 SKS)

Metodologi Penelitian -2 (Tafsir), Ilmu Balaghoh-1, Ilmu Balaghoh-2, Ulumul  Quran-1, Ulumul  Quran-2, Ulumul Hadits, Tahfidz-1 (Juz 30), Tahfidz-2 (Juz 29), Tahfidz Maudu’i, Tafsir Tematis-1, Tafsir Tematis-2, Logika (Critical Thinking), Sirah Nabawiyah, Perkembangan Tafsir di Nusantara,  Madzahib Al-Tafsir,  Studi Mufrodat Al-Qur’an,  Qawaid Tafsir,  Ma’arif Qur’ani, Isu-isu Tafsir Kontroversial, Studi Naskah Tafsir-1,  Studi Naskah Tafsir-2 (Falsafi), Studi Naskah Tafsir 3 (Sufi), Tafsir Ahkam,  Tafsir Kontemporer, Studi Kitab Tafsir & Mufasir, Ad-dakhil Fi Tafsir, Al-Qur’an-Hadits dan Orientalisme, Kuliah Kerja Nyata (KKN), Praktik Profesi,  Komprehensif & Skripsi.

KOMPETENSI PENDUKUNG PILIHAN (4 SKS)

Sosiologi Agama, Psikologi Agama, Metode Pembelajaran dan Menghafal Al-Qur’an, Retorika, Metode Penerjemahan Al-Qur’an, Seni Tilawah, Bahasa Farsi.

 

INFORMASI BEASISWA DAN SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU PROGRAM SARJANA (S1) STFI SADRA

PROGRAM STUDI

PRODI FILSAFAT

menghasilkan sarjana filosof muda yang memiliki pemahaman luas dan keahlian di bidang filsafat Islam, serta mampu memberikan kontribusi terhadap berbagai persoalan pemikiran Filsafat dan Islam pada masyarakat, baik di tingkat nasional maupun internasional

ALQURAN DAN TAFSIR

menghasilkan para sarjana yang memiliki keahlian dalam bidang Ilmu Al-Quran dan Tafsir, mampu melakukan penelitian fenomena sosial dan keagamaan dan mencari alternatif pemecahanan masalahnya berbasiskan pada Ilmu Al- Quran dan Tafsir.

Jalan. Lebak bulus II no.2 Cilandak Barat, Jakarta Selatan 12430. Call: 021-29446460 Fax: 021-29235438 info@sadra.ac.id

About us

Sekolah Tinggi Filsafat Islam di Indonesia yang fokus pada pengkajian filsafat Islam & Ilmu Alqur’an – Tafsir. Sistem pembelajaran di dasarkan pada perpaduan antara nilai-nilai tekstual (alqur’an & Assunah) dengan pendekatan rasional yang bersumber dari khazanah ilmiah Islam klasik & kontemporer.

STAI SADRA
TUTUP